BELAJAR HTML-PENGERTIAN HTML

BELAJAR HTML – PENGERTIAN HTML

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, dimana Hyper Text Markup Language merupakan bahasa pemrograman dasar untuk membuat sebuah halaman web statis. Statis disini bermakna, bahwa halaman web yang dibuat tidak bisa dintegrasikan dengan data base secara langsung, butuh bahasa pemrograman tertentu agar bisa diintegrasikan dengan data base seperti bahasa pemrograman php dll.

 BELAJAR HTML - PENGERTIAN HTML

Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan bahasa pemrograman web yang wajib dikuasai oleh seorang pemula yang ingin menjadi seorang programmmer website. Hyper Text Markup Language sebenarnya hampir mirip dengan tulisan teks biasa. Hanya saja untuk penulisan teks tertentu harus menggunakan sebuah tag. Misalkan untuk menulis huruf/ teks cetak miring harus menggunkan format/ tag tertentu seperti <i>cetak miring</i>. tag yang mengapit teks cetak miring tersebut merupakan sebuah tag perintah untuk mengubah sebuah teks menjadi miring.

Jenis format file/ ekstensi yang terdapat pada Hyper Text Markup Language ada  bermacam- macam mulai dari .htm, .html, .shtml, .shtm, .xhtml, .xht dan .hta. Sampai saat ini Hyper Text Markup Language yang sudah ada yakni sampai html 5, dimana kecanggihan terdapat pada beberapa tag yang dimilikinya seperti ketika anda membuka sebuah video pada halaman web dengan source code (kode sumber) html 5 maka, maka ketika anda mengakses video anda tidak harus menginstall plugin untuk memutar video, karena fitur yang terdapat pada hyper 5 sudah dapat memutar video tanpa harus menginstall plugin. Beda lagi halnya dengan html versi 4 ke bawah, yang mengharuskan menginstall plugin jika ingin memutar video dari sebuah situs. Namun itu semua juga harus didukung dengan web browser yang support dengan html 5. tapi tenang saja, hampir semua web browser sekarang sudah support html 5.

Pada artikel selanjutnya akan dibahas mengenai web browser sebagai perantara untuk menjalankan file Hyper Text Markup Language.

 

 

Tinggalkan Balasan